8 Cara Menghemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga Bikin Suami Makin Sayang!

Berita Utama281 Dilihat

Mengatur keuangan rumah tangga memang sudah jadi tugas seorang istri. Tenang saja, ada cara menghemat uang belanja ibu rumah tangga yang sangat efektif untuk diterapkan. Jadi tidak perlu lagi merasa kesulitan atau kekurangan uang setiap bulannya. Anggaran belanja aman dan suami jadi lebih sayang!

Cara Menghemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga agar Suami Makin Sayang!

Pengelolaan anggaran rumah tangga memang seringkali terasa rumit. Apalagi sekarang harga bahan-bahan pokok tambah mahal. Coba terapkan 8 cara ini supaya uang belanja aman:

  • Catat Rencana Pengeluaran

Anda harus membuat rencana pengeluaran rutin tiap bulannya. Ini bisa disebut juga sebagai rencana anggaran bulanan. Jadi semua pengeluaran sudah direncanakan dan tidak sembarangan terjadi begitu saja. 

  • Buat Urutan Prioritas

Tentu Anda harus belajar membuat urutan prioritas. Pahami mana yang menjadi kebutuhan pokok dan harus dipenuhi terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunda. Pastikan Anda memenuhi semua kebutuhan mulai dari yang paling penting terlebih dahulu demi mencukupkan uang bulanan. 

  • Biasakan Hidup Hemat

Lebih bagus lagi jika Anda bisa menerapkan gaya hidup hemat. Hidup hemat bukan berarti pelit atau miskin dan bukan berarti juga hidup Anda akan menderita karena berhemat. Ini adalah cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan hidup sesuai pemasukan yang dimiliki.

  • Buat Food Preparation

Salah satu pengeluaran terbesar rumah tangga digunakan untuk urusan makan. Lebih bagus lagi jika Anda dan keluarga terbiasa makan di rumah. Coba biasakan membuat food preparation dan masak sendiri di rumah agar lebih hemat. Bila perlu, biasakan juga anak-anak dan suami membawa bekal dari rumah. 

  • Rajin Berburu Promo

Sudah pasti ibu-ibu juga harus rajin berburu promo. Terutama promo atau diskon untuk barang-barang kebutuhan utama seperti sabun misalnya. Sabun saja ada banyak jenisnya, salah satunya sabun cuci tangan. Pilih produk sabun cuci tangan paling ekonomis dan kalau bisa masih di diskon lagi. 

  • Siapkan Dana Darurat

Penting sekali untuk selalu menyisihkan dana darurat. Saat membuat rencana anggaran atau pengeluaran tadi, Anda perlu mengalokasikan dana untuk kebutuhan darurat. Jadi saat sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak, sudah ada uangnya dan tidak perlu bingung. 

  • Batasi Utang

Jangan mudah mengambil utang, justru Anda harus bisa membatasinya. Mengambil utang hanya akan memberi beban yang lebih besar di masa depan. Meskipun memang sekarang banyak penawaran pinjaman online yang mudah sekali untuk diakses. Jika tidak terlalu dibutuhkan dan tidak mendesak, maka jangan pernah berhutang.  

  • Jangan Terbawa Gengsi

Usahakan untuk tidak terbawa gengsi. Ini adalah salah satu cara menghemat uang belanja ibu rumah tangga paling efektif. Biasanya uang belanja bulanan tidak cukup karena ada banyak pengeluaran yang tidak seharusnya dilakukan. Hal ini seringkali dipicu karena gengsi semata. 

Belanja Lebih Hemat Cuma di Blibli

Jika Anda ingin menghemat uang belanja, cobalah untuk memilih cara belanja yang tepat. Anda bisa belanja berbagai kebutuhan sehari-hari platform e-commerce Blibli. Pilihan produknya sangat lengkap dan penawaran harganya terjangkau. Ada sabun cuci tangan paling ekonomis sampai beragam jenis kebutuhan pokok lainnya. Promonya juga banyak jadi bisa bikin Anda lebih hemat lagi. 

Coba saja terapkan beberapa cara menghemat uang belanja ibu rumah tangga yang sudah dibahas tadi. Atur keuangan sebaik mungkin supaya uang bulanan selalu cukup. Jika Anda bisa mengelola keuangan dengan cermat dan mencukupkan uang bulanan, dijamin suami pasti jadi tambah sayang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *